Question #25554

views

5659

Mengapa tes vct di puskesmas minta diulang 3 kali berturut2?

Saya pernah berhubungan badan dgn psk di akhir thn 2015 memakai kondom tp pas di oral  saya tidak pakai kondom, apakah saya beresiko?

  1. lalu sekitar pertengahan 2016 kepala penis saya pernah tersentuh vagina seorang wanita tanpa pengaman, tanpa penetrasi sm sekali, apakah itu beresiko?
  2. saya pernah tes vct di sebuah puskesmas april 2017 dan hasilnya negatif, konselor nya mengatakan bahwa tes harus diulang 3 kali berturut2 dgn jarak wkt 3 bulan padahal menurut yg saya baca jika tes melewati window period maka itu final, mengapa demikian padahal saya melakukan tes jauh setelah window period?apakah tes di puskesmas tidak akurat?

Answer

Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan. Membaca pertanyaan yang diajukan menurut saya perlu pertanyaan masih perlu diperjelas lagi. Saya mencoba menjawab sbb:

  1. Dengan melakukan oral sex tanpa pengaman tetap ada resiko tertular HIV walaupun kecil.
  2. Bila tidak terjadi penetrasi, hanya tersentuh vagina, menurut saya anda tidak masuk dalam katagori beresiko.
  3. Menurut ketentuan VCT, bila test HIV dilakukan sudah melewati window periode, harusnya hasil test adalah hasil final, tetapi bila adan beresiko melakukan hubungan seks tanpa kondom dan sering berganti pasangan, maka resikonya besar. Bila itu yang terjadi, konselor akan minta anda melakukan test HIV 3 bulan atau bahkan 3 bulan lagi, karena dikhawatirkan bahwa masih ada resiko tertular HIV . Perlu diketahui dalam masa menunggu lewat window periode, sebaiknya tidak melakukan hubungan seks , sebab bila melakukannya, berarti window periode akan mundur.

Demikian jawaban saya, semoga ini menjawab pertanyaan yang diajukan. Salam Angsamerah

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.