Question #25756

views

196

Menstruasi sangat banyak gejala penyakit apa?

Selamat siang Dok,
Sy berusia 33tahun dan baru saja menikah. Beberapa bulan terakhir menstruasi saya sangat banyak kurang lebih 8 pembalut yang 30cm per hari. Menstruasi berat tersebut terjadi di hari ke-2 dan ke-3 lalu setelahnya tidak terlalu banyak hingga kira2 total 7 hari hingga bersih. Biasanya sekitar 1 minggu sebelum haid, perut sy terasa membesar dan kalau ditekan agak keras, dan setelah haid kembali normal.
Sekedar informasi, sebelum mengalami haid yang banyak tersebut, dulunya haid saya volumenya normal tapi sekitar 2 tahun sebelumnya sering terlambat 2 minggu. Saya mengkonsumsi obat Cina untuk perlancar haid, tidak lama setelah itu haid saya tepat waktu tapi volumenya sangat banyak. Di siklus saya yang terakhir, setelah haid baru saja bersih, tiba2 keesokan hari ada keluar darah lagi (tapi tidak sebanyak menstruasi dan kondisi saya memang sedang capek dan kurang fit).
Apa sajakah kemungkinan penyebab gangguan haid tersebut?
Terima kasih atas perhatiannya.
Salam,
Margaret

Answer

Salam mbak Margaret, haid yang banyak bisa disebabkan oleh gangguan hormonal, adanya tumor yang terletak di dekat endometrium atau bagian dalam dinding rahim, infeksi di rahim, atau penggunaan kontrasepsi hormonal. Sebaiknya anda mengunjungi dokter anda untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.