Question #25219

views

724

Menunggu periode jendela

Selamat siang, dok.

2 hari yang lalu saya berhubungan seks dengan seorang terapis massage, Kemudian baru tersadar resiko tertular HIV meskipun pada prakteknya menggunakan kondom.
Tetapi dari berbagai artikel yang saya peroleh via internet, bahwa penggunaan Kondom akan kurang efisien jika menggunakan pelicin yang berbahan dasar minyak.

Saya kurang tahu cairan untuk massage tersebut berbahan dasar apa.

Terus terang, itu merupakan pengalaman pertama kali dan akan menjadi yang terakhir kalinya saya lakukan. Saya sangat menyesal dan merasa depresi. Nafsu makan hilang, sulit tidur, dan sulit berkonsentrasi (Padahal baru 2 hari yang lalu!)
Bisa dibayangkan efek yang didapat ketika harus menunggu 3 bulan guna melakukan pengecekan HIV dalam test darah.
Mohon sarannya, apa yang dapat saya lakukan?
Terima kasih sebelumnya.

Answer

Dear mas yang sedang galau, saya akan coba membantu menjawab kebingungan mas. Penggunaan kondom memang melindungi dari penularan virus HIV sehingga kemungkinan mas tertular infeksi HIV sangat kecil bahkan mungkin saja tidak tertular. Apa yang sebaiknya mas lakukan adalah tidak menambah panjang masa jendela, artinya tidak melakukan hubungan seksual yang beresiko, karena masa jendela akan terus maju mengikuti kontak seksual beresiko terakhir. Selain itu temui dokter untuk berkonsultasi segala kemungkinan dan apa jalan keluarnya. 
Selain itu infeksi menular seksual tidak hanya HIV, masih ada yang lain. Sambil menunggu sebaiknya mas juga memeriksakan diri untuk ini. 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.