Question #25659

views

620

merasa khawatir

Dok saya pernah melakukan seks dengan waria dengan menggunakan kondom dan terakhir melakukan perbuatan beresiko teraebut pada tanggal 10 maret 2017 dan saya test hiv tepatnya di klinik angsamerah pada tanggal 12 juni 2017 dan hasilnya Non-Reactive , dan pertanyaan saya adalah :
1.Apakah test hiv non-reactvie saya setelah 92 hari sudah bisa dinyatakan valid? Apakah saya harus tes ulang walaupun saya pakai kondom?
2.menurut pedoman kemenkes Masa jendela itu setelah 3 bulan tetapi ada yg bilang kalau setelah 3 bulan itu belum bisa dikatakan valid karena harus menunggu 6 bulan dan apakah itu benar dok?
3.Apakah test hiv di klinik angsamerah sudah akurat?

Answer

Salam mas, penggunaan kondom yang benar dan konsisten menurunkan risiko penularan HIV. Jadi pemeriksaan setelah 92 hari tersebut sudah bisa diterima sebagai hasil akhir. 
Pedoman menurut WHO dan Kemenkes menentukan masa jendela berlangsung antara 4-12 minggu. Memang ada 0,3% kasus yang masa jendela bisa sampai 6 bulan. Namun kembali pada faktor risiko dan penggunaan kondom.
Alat tes yang digunakan oleh klinik Angsamerah sama dengan fasilitas kesehatan pemerintah, jadi tentu sudah dinilai akurasinya.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.