Question #25950

views

520

Metode tes

Selamat malam dok.
Dok saya mau tanya beberapa hal:
1. Dengan adanya beberapa metode test hiv, apakah mempengaruhi lamanya masa jendela seseorang? Saya melakukan kegiatan beresiko sudah satu tahun yang lalu, dan kemarin saya melakukan tes hiv dan kebetulan pihak RS menggunakan metode chromatographic dengan hasil NR, tapi dari pihak dokter tidak bisa memberikan kepastian bahwa saya pasti NR dan harus test lagi 1 tahun kedepan. Apa memang metode chromatographic membutuhkan waktu selama itu dok untuk memastikan seseorang reaktif atau non reaktif?
2. Apakah menggosokkan alat kelamin ke kelamin orang lain bisa menularkan hiv dok? Pada saat itu saya penetrasi diluar dok ndak sampai masuk.
3. Jika kita melakukan tes vdrl dan ternyata hasilnya negatif, apakah sudah tidak memerlukan tes tpha? Dulu 7 bulan setelah melakukan hal beresiko sempat tes vdrl dan hasilnya negatif lalu dokter bilang tidak usah melakukan tes tpha. Bagaimana menurut dokter?
Terima kasih

Answer

Salam mas, memang metode tes sedikit mempengaruhi masa jendela tergantung sensitifitas dari alat yang digunakan. Namun umumnya masih disekitar 4-12 minggu. 
Metode chromatography termasuk alat yang cukup sensitif. Jadi masa jendelanya tidak memerlukan waktu bertahun-tahun. Jadi bila dilakukan setelah masa jendela 12 minggu hasil tersebut dapat menjadi kesimpulan apakah anda tertular atau tidak.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana dokter mendiagnosa keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.