Question #25029

views

431

Miom

Dear Dokter,

Istri saya punya miom yg tidak terdeteksi dari awal kehamilan, dan skrg sudah hamil uk 16W. bagaimana menghilangkan miom tersebut? ukuran miom sudah sebesar 6,4mm.

Terimakasih sekali.

Answer

Dear,
 
Myoma adalah tumor jinak rahim dan merupakan hal yang banyak ditemui di kalangan wanita usia produktif. Pada kehamilan, adanya myom seringkali berhubungan dengan keluhan nyeri. Adanya myoma juga mungkin menimbulkan komplikasi pada kehamilan, namun hal ini terjadi pada 1:10 ibu hamil.
Myoma pada kehamilan biasanya diobservasi tanpa diambil tindakan khusus. Bila ibu hamil dengan myoma ada keluhan nyeri, dapat diatasi dengan bed rest, banyak minum air, dan konsumsi obat pereda nyeri. Sebaiknya Anda dan istri berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan sebelum mengonsumsi obat pereda nyeri.
Secara umum, myoma pada kehamilan tidak diangkat (dilakukan operasi). Pada usia kehamilan 12-22 minggu, besar kemungkinan kalau aliran darah ke myoma berkurang sehingga perlahan-lahan jaringan ini akan mengalami degenerasi (peluruhan). Selalu konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan yang merawat istri Anda sebelum mengambil tindakan.
Semoga jawaban ini dapat membantu Anda. Salam sehat.
 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.