Question #25484

views

668

Mohon sarannya, Dokter

Halo Dok, saya BR, pria usia 34 tahun yang aktif secara seksual. Adapun seluruh aktivitas seksual saya tersebut dengan wanita PSK yang SELURUHNYA menggunakan pengaman / kondom. Terakhir berhubungan pada pertengahan Januari 2017 lalu. Tiga hari setelah melakukan tindakan tersebut saya segera melakukan VCT (metode CMIA) di salah satu lab di Jakarta dengan hasil non reaktif. Untuk penilaian yang sahih apakah saya harus mengulangi setelah window period (3 bulan lagi yakni pada pertengahan April 2017 ini), atau tidak perlu lagi - mengingat seluruh aktivitas seks saya memakai pengaman ? Terima kasih Dokter. BR di Jakarta.

Answer

Selamat siang BR. Terima kasih atas pertanyaannya. Saya bangga anda sadar bahwa perlu melakukan test HIV karena merasa beresiko, artinya sampai saat ini kondom masih merupakan proteksi diri seseorang yang efektif terhadap kemungkinan tertular HIV. Hanya saja penggunaan kondom harus diperhatikan apakah masih baik kondisi kondomnya, tanggal expired, apakah masih ada lubrikan nya dan satu hal juga yang perlu diperhatikan, setelah selesai berhubungan, apakah kondom bocor? Kondom sudah didesign sedemikian rupa hingga tidak mudah robek, tetapi akan lebih baik bila kita juga cek ada kebocoran atau tidak setelah menggunakannya.
Bila gunakan kondom dengan baik dan benar, resiko tertular HIV kecil, tetapi untuk pastinya akan lebih baik bila pertengahan April 2017 test ulang lagi, untuk pastikan sdr. BR benar-benar non reaktif.
Demikian advice saya semoga jawaban saya dapat dimengerti. Salam Angsamerah.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.