Question #25758

views

2034

Obat interaksi dengan ARV

Pagi team dokter Angsamerah,
Langsung saja, pertanyaan saya adalah mengenai interaksi obat dengan ARV. Apakah obat flu, demam, sakit kepala atau anti-inflamasi lainya berinteraksi dengan ARV? Atau aman saja dikonsumsi dengan jarak? Berapa jarak aman nya?
Kalo semisal ODHA dengan arv flu atau sakit tenggorokan apakah aman minum metil prednisolon? Adakah info atau artikel medis terkait interaksi obat Apotik dengan ODHA yang konsumsi ARV?

Salam sehat selalu untuk semua dan Terima kasih.

Answer

Salam mas/mbak, ARV memang sedikit menurunkan kadar methyl prednisolon dalam darah sehingga efektifitasnya juga sedikit menurun sehingga memerlukan penyesuaian dosis. 
Ibuprofen, salah satu obat anti inflamasi, memberikan efek samping yang sama dengan tenofovir sehingga bila diberikan bersamaan tentu efek samping yang muncul lebih kuat dan mungkin memerlukan obat lain untuk mengurangi efek samping tersebut.
Memang ada beberapa obat yang berinteraksi dengan ARV namun umumnya tidak menurunkan efektifitas dari ARV. Bila tidak ada interaksi tentu anda dapat meminumnya bersamaan. Bila obat memerlukan jarak waktu, tentu harus diketahui waktu paruh obat tersebut.
Anda bisa berkonsultasi dengan dokter yang menangani pemberian ARV untuk mengetahui obat apa saja yang bereaksi dengan ARV yang anda konsumsi, karena tidak semua ARV bereaksi sama terhadap suatu obat.
 
Salam sehat juga untuk anda.
 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.