Question #27259

views

1252

Obat yang dapat merubah hasil tes hiv dan sifilis

Dok saya melakukan kegiatan beresiko tgl 10,18 oktober 2019 tnpa pengaman & tgl 29 oktober 2019 menggunakan pengaman dgn psk yang sama.
 
Saya sdh 4x tes hiv di rs swasta & lab swasta hasil NR semuanya, (tgl 31 okt 2019, 30 nov 2019, 10 jan 2020 & 29 jan 2020)
 
Tes sifilis tgl 29 jan 2020.
 
Psk yg melakukan kegiatan bersiko dgn saya jg saya paksa tes hiv tgl 5 nov 2019 & hiv sifils tgl 13 maret 2020.
 
Saya bnyak tes hiv krna saya bnyak mengalami gejala setelah melakukan perilaku beresiko dgn psk tsb sperti demam, bintil merah gatal, lidah putih & kgb leher kiri bengkak hanya di raba baru terasa, semua itu muncul pada bln oktober & nov 2019.
 
Yg ingin saya tanyakan :
1. Jika psk tsb postif hiv atau sifilis tp sblm saya ajak tes dia konsumsi obat sperti PrEP atau sebagainya apakah dapat mempengaruhi hasil tes tsb? Krna ada jeda bbrpa hari ketika saya paksa psk tsb untuk tes baru dia mau.
 
2. Jika hasil tes hiv sifilis psk tsb memang valid negatif apakah saya jg sdh bisa di pastikan negatif hiv sifilis? Mengingat saya bbrpa kali tes hiv sampai bulan ke 3 negatif hiv & sifilis.
 
3. Apakah saya termasuk orang yg terkena psikosomatis? Krna sejak kegiatan beresiko tsb saya sering gonta ganti dokter untuk konsultasi mslh ini, sekalipun dokter saya blg saya negatif.
 
4. Dari gejala yg saya alami menurut dokter saya perlu tes PMS apalagi selain hiv & sifilis?
 
5. Apakah perlu saya ke psikiater?
 
Tp sejak saya ajak PSK tsb tes tgl 13 maret 2020 (4.5 bln setelah perilaku beresiko) tsb saya merasa sudah tenang, terlebih hasil yg saya dpt selalu NR. Mksh

Answer

Salam mas, tes HIV dikatakan final atau konklusif bila tes tersebut dilakukan setelah masa jendela yaitu minggu ke 4-6 dari perilaku berisiko tertular HIV terakhir. Pemeriksaan tidak terpengaruh oleh obat yang diminum tersebut.

Sifilis dianjurkan setelah 3 bulan.

Infeksi menular seksual lain yang perlu dilakukan adalah hepatitis B setiap 6 bulan.

Bila anda sudah melakukan tes berkali-kali setelah masa jendela dan partner dinyatakan negatif maka anda perlu berkonsultasi dengan psikiater untuk menangani ketakutan anda.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.