Question #26403

views

973

ODHA dan Herpes

Selamat sore dok,
Saya positif HIV 4 bulan dan sudah meminum ARV secara teratur tanpa terlewat 1 menitpun. Dari kondisi yg semula sehat seperti orang normal kemudian DOWN lantaran dokter spesialis kulit memvonis saya terkena herpes (cacar api). Padahal saya bersih mandipun 1 hari bisa 4x sehari. Saat itu saya tidak open status ketika berobat klo saya ODHA. Dokter memberi gambaran klo herpes terjadi lantaran daya tahan tubuh sedang drop. Dia memberi vaksin ke tubuh saya dan obat selama 10 hari dengan dosis, 2x10 tablet/hari dan obat pereda nyeri serta salep. Yang saya mw pertanyakan : pada saat itu tubuh saya merasa bugar sekali tidak ada rasa capek tapi kenapa masih terkena herpes ya dok? dan apakah penyembuhan penyakit herpes pada ODHA berlangsung lama sampai berbulan-bulan tidak seperti org normal, mengingat nilai imun ODHA dibawah imun orang normal ? juga makanan apa saja yg bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit herpes ini.
Trimakasih dokter jika berkenan menjawab

Answer

Salam mas/mbak, herpes zoster memang berkaitan dengan daya tahan tubuh. Bila daya tahan tubuh turun maka akan mudah muncul. Herpes zoster akan sembuh sendiri dalam 14-28 hari. 
Istirahat cukup, makan yang sehat akan mempercepat penyembuhan. 
ODHA lebih mudah terkena herpes zoster karena sistem kekebalan tubuh yang turun. Namun bila jumlah CD4 masih baik maka peluang terkena sama dengan bukan ODHA.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.