Question #25432

views

710

Pap smear dan Implant

Hi Angsamerah, saya ada beberapa pertanyaan terkait pap smear dan implant.
Perbedaan pap smear biasa dengan pap smear (thin prep) itu apa ya? Sebelum melakukan pap smear, apa saja yang harus dipersiapkan/ hal apa saja yang harus diperhatikan oleh pasien? Lalu, apakah di angsamerah dapat memasang KB implant?
Terima kasih banyak!

Answer

Salam mbak, pap smear konvensional menggunakan sikat dan spatula kayu untuk mendapatkan bahan pemeriksaan. Setelah bahan didapatkan dengan kedua alat tersebut lalu di usapkan pada kaca periksa. Lalu alat-alat tersebut dibuang. Sisa sel-sel yang menempel pada alat ikut terbuang. Pada saat pengusapan bahan pemeriksaan seringkali sulit mengukur ketebalan yang pas, sehingga sel-sel saling bertumpuk. Pembacaan lebih sulit dilakukan.
Thin prep menggunakan alat semacam sikat yang dapat dilepaskan ujungnya sehingga seluruh bahan pemeriksaan yang didapat ikut diperiksa. Kemudian pemeriksaan ini menggunakan media cair yang dapat membantu melepas dan memisahkan sel-sel yang diperiksa. Kemudian media tersebut di putar dan dibekukan sehingga sel-sel tersebar merata. Keadaan ini memudahkan dokter yang melakukan pemeriksaan dan pembacaan hasil.
Syarat untuk papsmear adalah tidak sedang dalam keadaan haid, tidak melakukan hubungan seks sedikitnya 3 hari sebelum pemeriksaan.
Untuk implant saat ini belum bisa karena keterbatasan alat. Namun silahkan tanyakan kembali di waktu ke depan pada customer service kami mungkin saja alat dan bahan sudah tersedia

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.