Question #25516

views

3223

PCR Chlamydia

Selamat Siang,

Istri saya tes PCR Klamidia, hepatitis B, dan swab vagina di klinik angsamerah.

1.  hasil tes untuk PCR Klamidia blm ada. Pertanyaan saya berapa lama tes diprediksi selesai? Istri saya tes hari rabu lalu. Apakah hasil tes PCR Klamidia dapat menggambarkan 100% sesorang terinfeksi atau tidak?

2. Hepatitis B (HbsAG) dengan hasil non reaktif. Apakah ada kemungkinan false positive dalam tes ini?

3. Swab Vagina dengan hasil :
a. PMN Postitive
b. Diplococcus Negative
c. Trichomonas Negative
d. Candida Negative
e. Ph 5.4
f. Sniff Test Negative
g. Clue Cell Positive.
Sebenarnya sudah dijelaskan oleh dokter hasilnya tp saya ada pertanyaan skrang, apakah Clue Cell dan PMN Positive bisa menggambarkan infeksi klamidia di istri saya?
Istri saya dulu pernah di Oct 2014 tes IGM and IGG anti Klamidia dengan hasil IGG negative 0.22 dan IGM positive 1.99. Apakah hasil tersebut menandakan istri saya pengidap Klamidia, dok? Karena dia tidak pernah menjalani pengobatan apapun setelah tes tersebut, wlwpun dia blg tidak pernah mengalami gejala apapun sampai sekarang, saya takut kalau saya tertular juga.

Istri saya sebelumnya pernah menikah dengan pria lain, pria tersebut meninggal karena kecelakaan dan semasa hidupnya sering selingkuh dari istri saya dan sering bergonta ganti pasangan sex. Pria tsb tdk pernah tes apapun, yang pernah dites adalah Hepatitis B dan hasilnya positive, makanya istri saya tes hepatitis B juga dan alhamdullilah hasinya negative. Istri saya memang vaksin hep b 1 hari sebelum dia berhubungan intim dengan pria tersebut.
Tolong yakinkan saya dok, sekrang hub seksual saya dengan istri setelah menikah sangat dipenuhi dengan ketakutan, saya menikah bulan Feb 2017 ini tp belum pernah sekalipun saya berhubungan tanpa kondom dengan dia, saking saya takut tertular aneh2.
Sedangkan saya belum pernah menikah dan berhubungan intim dengan perempuan sebelumnya kecuali istri saya ini.

Terima Kasih dok.

Answer

Salam mas

  1. PCR Chlamydia adalah metode untuk menemukan secara pasti kuman Chlamydia di area yang dicurigai terinfeksi atau ada kuman tersebut. Bila hasilnya negatif berarti tidak ada kuman Chlamydia di area tersebut atau tidak terinfeksi Chlamydia. Jadi bila hasilnya negatif memang tidak memerlukan pengobatan.
  2. Masa inkubasi dari hepatitis B bisa berlangsung hingga 6 bulan paska paparan. Namun tidak semua menjadi sakit. Sebagian hanya menjadi pembawa virus atau karier. Bila dilakukan pemeriksaan maka akan terdeteksi. Jadi bila negatif setelah bertahun kemudian maka memang bisa saja memang tidak terinfeksi.
  3. PMN bukan sebagai indikasi utama infeksi Chlamydia, ada beberapa keadaan yang menyebabkan PMN menjadi positif seperti menjelang atau sesudah haid, ada infeksi vagina yang disebabkan oleh jamur atau infeksi yang lainnya. Jadi harus dicari penyebabnya. Bila hasil PCR Chlamydia negatif berarti memang bukan disebabkan oleh Chlamydia.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.