Question #25135

views

520

Pencegahan penularan HIV

Dok saya dari Papua saya mau tanya Apakah orang yang suda dinyatakan positif HIV dan ia mengkonsumsi obat ARV lalu ia berhubungan sex dengan orang yg sehat tanpa menggunakan pengaman, apakah orang yang sehat itu kakan tertular apa tidak,Yang kedua Jika kedua pasangan suami istri mereka suda Positif HIV, dan mereka mengkonsumsi obat ARV, dan kedua pasangan tersebut berencana memiliki anak, apakah anak Mereka akan tertular HIV atau tidakMf dok sy tny bgn krn saya perna lihat iklan di Jayapura Televisi yang dalam iklan itu menceritakan kalau org yg positif HIV jika mengkonsumsi ARV bisa memiliki keturunanTtp sebagai org awam saya ningun dan tidak percaya dengan iklan semacam itu, krn menurut saya iklan seperti ini memberi informasi dan ajakan supaya org tdk perlu Takut dengan HIV, padahal HIV/AIDS Kan penyakit yg mematikan..

Answer

Terimakasih sahabat atas pertanyaannya. Berikut jawaban saya untuk pertanyan sahabat.
1. Risiko penularan HIV dari pasien HIV yang sudah minum ARV ke pasangan seksualnya yang negatif tanpa menggunakan kondom masih ada tapi sangat sangat kecil sekali, hampir mendekati 0.
2. Pasangan dengan HIV masih memungkinkan untuk memiliki anak yang sehat tanpa HIV. Apalagi bila keduanya sudah minum ARV, dan selama kehamilan, persalinan dan pasca-persalinan penerapan intervensi penularan HIV ke bayi dijalankan dengan baik (Termasuk setelah lahir bayinya mendapatkan ARV juga) maka kemungkinan penularan HIV ke bayi hampir mendekati nol. Banyak contoh sekarang ini pasangan HIV memiliki bayi yang sehat tanpa HIV.
3. HIV tidak lagi penyakit yang mematikan seperti zaman dulu. Sekarang ini penyakit HIV penanganannya lebih menyerupai penyakit kronis seperti hipertensi, diabtes dsbnya. Lebih mudah di kontrol, para sahabat yang terinfeksi HIV bisa hidup berkualitas - berkarya, sehat dan bahagia.
4. Karena itu kampanye TES HIV DINI sangat membantu untuk menyelamatkan banyak jiwa. Apalagi sekarang ada obat ARV yang mampu mengontrol virus HIV dalam darah, memiliki efek samping yang sangat kecil dan tersedia gratis dari pemerintah, Salam sehat, kebaikan dan kehidupan yang lebih baik untuk sahabat di Papua dan kita semua.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.