Question #25199

views

481

Penggunaan obat ARV

  1. Apabila sudah test darah 2x dan hasil test HIV menunjukan hasil "reaktif" pada kedua hasil tes tersebut apakah harus segera mengkonsumsi obat ARV? (kondisi sehat, tanpa ada gejala dan keluhan, CD4 600 batasan normal)
  2. Ataukah harus menunggu window period dan melakukan tes western blot?
  3. Seberapa banyakah ketersediaan obat ARV?

Semoga Dokter bisa menjawab pertanyaan saya, dikarenakan masih ada keraguan untuk meminum obat ARV yang akan dikonsumsi setiap hari seumur hidup. Mohon jawabannya.

Answer

Dear mas/mbak, saya akan jawab pertanyaannya.

  1. Ya. Karena menurut penelitian dan pengalaman klinis, mengkonsumsi obat ketika kondisi sehat tanpa keluhan dan CD4 masih bagus maka hasilnya juga akan jauh lebih bagus. Bila sudah ada penyakit oportunistik yang muncul, ARV baru akan diberikan setelah penyakitnya diobati dalam jangka waktu tertentu. Tentu membutuhkan waktu untuk memperbaiki kondisi umum.
  2. Ketika menerima hasil reaktif, apalagi sampai dua kali,  artinya window period dari infeksi virus HIV sudah terlewati. Artinya sudah tidak memerlukan test lagi. Window period infeksi virus HIV adalah 4-24 minggu setelah kontak beresiko terakhir. Namun bila masih menginginkan test lagi silahkan.
  3. Ada cukup persediaan ARV. Apalagi saat ini ARV disubsidi oleh pemerintah.

Semoga jawaban tersebut bisa memuaskan. Bila masih ada pertanyaan silahkan berkonsultasi lebih lanjut ke klinik yang menyediakan layanan untuk HIV seperti di Klinik angsamerah
 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana dokter mendiagnosa keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.