Question #26983

views

2073

Penggunaan Steroid

Dok saya mau tanyaa. saya baca artikel di alodokter.com yg mneyatkan penggunaan obat kortikosteroid bisa mempengaruhi hasil tes hiv. Apakah penggunaan obat jenis steroid ini pemakainnya sebelum/sesudah masa jendela 3-6 bulan yang bisa mempengaruhi tes nya.

Kan Tes hiv mencari antibody hiv yg sudah terbentuk.. antibody terbentuk pada umunya setelah masa jendela antara  3-6 bulan orang normal...jadi walaupun pakai steroid tes hiv tetap bisa akurat  jika antibody sudah terbentuk walaupun pakai  obat jenis steroid... Apa benar dok?

Answer

Hi,
Salah satu tujuan terapi steroid adalah menekan respons peradangan dan respons pembentukan antibodi, namun respons tersebut dapat timbul bila dipakai dalam jangka panjang dan kontinyu pada dosis tinggi dengan pada beberapa individu yang memiliki respons cepat terhadap steroid efek tersebut dapat timbul paling cepat dalam 2 minggu pemakaian. Kondisi tersebut dapat menyebabkan hasil negatif palsu. Sedangkan pada dosis rendah, hal tersebut jarang terjadi sehingga diperlukan informasi lebih lanjut terapi steroid seperti apa dan berapa lama terapi tersebut digunakan.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.