Question #25271

views

3231

Penularan hiv

Salam hormat dok mau tanya  apakah hiv bisa ditularkan melalui pemakaian gelas bersama.. ceritanya kemarin saya minum kopi dan teman satu kerja minta kopi tersebut digelas yg sama....saya sangat takut yg namanya hiv karena dari riwayat teman saya dulu katanya 8 th yg lalu sering gonta ganti pasangan/jajan....saya tanya keteman saya apakah pernah mengalami sakit flu, demam, diare jwbnya tidak dan dia jg tdk sariawan dia sdh brkeluarga anaknya 3... saat ini saya mengembalikan rasa kepercayaan diri saya karena tgl 1 nov 2015  saya pernah pijat dan ada handjob ( no sex, no oral sex , tdk ada kissing) dari kejadian tsb saya pergi unt tes hiv yg pertama 3 bl setelah kejadian tsb dengan metode rapid tes hasil non reaktif... yg kedua 6 bl dengan metode cmia hasil non reaktif index 0,18.... yg ketiga 7 bl dengan metode combo hasil non reaktif index 0,09... yg saya tanyakan apakah saya harus mengulangi tes-tes yg sudah saya lakukan akibat minum satu gelas yg sama dengan teman yg dulunya pernah gonta ganti pasangan/jajan? Padahal unt mengembalikan rasa percaya diri ini sangat butuh perjuangan... terima kasih dok salam hormat ( arya disurabaya)

Answer

Salam mas Arya, saya memahami kerisauan anda karena belum mengerti cara penularan HIV. 
HIV hanya bisa ditularkan melalui aktivitas yang memungkinkan pertukaran cairan tubuh (darah, cairan vagina, cairan mani, plasenta, ASI). HIV tidak ditularkan melalui aktivitas sosial seperti bersalaman, berpelukan, menggunakan peralatan makan bersama, menggunakan toilet, kamar mandi dan kolam renang bersama, tinggal di ruangan yang sama. HIV juga tidak menular dari gigitan nyamuk.
Jadi menurut saya mas Arya tidak perlu lagi memeriksakan test HIV karena menggunakan peralatan minum yang sama karena tidak beresiko.
Semoga jawaban ini bisa menjawab kegalauan dan mengembalikan rasa percaya diri mas Arya

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.