Question #24977

views

797

Penularan infeksi penyakit seksual

apakah hpv,herpes,sipilis, Molluscum Contagiosum, Chancroid,Crabs/Pubic Lice,Scabies dapat ditularkan melalui tangan?karena saya baca dari beberapa website itu semua dapat menular melalui skin to skin kontak
apa yg dimaksud dengan skin to skin kontak ?karena saya baca di beberapa website mengatakan ims tidak menular melalui jabat tangan,pelukan.
bukankah jabat tangan dan pelukan termasuk skin to skin kontak?

Answer

Terimakasih sudah meluangkan waktu mengunjungi blog Angsamerah.

Jenis IMS yang anda sebutkan tersebut memang bisa ditularkan melalui "skin to skin kontak” yang lebih tepat jabarannya adalah persentuhan kulit sehat dengan permukaan kulit yang mengandung mikrooragnisme tersebut, dimana permukaan kulit tersebut bisa terlihat gejala seperti luka, benjolan, ataupun bisa saja ada yang tidak terlihat dengan mata (tapi kumannya ada di permukaan kulit tersebut).

Namun demikian, tidak setiap persentuhan dengan mudahnya membuat penularan penyakit tersebut langsung terjadi.

Berikut faktor yang bisa dipakai untuk menilai rendah dan tingginya risiko penularan ketika kita bersentuhan kulit.

  • Intensitas persentuhan (Adanya gesekan atau tidak, dan lamanya). Misalnya hanya bersentuhan tanpa ada pergesekan antara kulit dan hanya sebentar, seperti bersalaman maka ini risikonya sangat kecil sekali.
  • Adanya daerah permukaan kulit yang terbuka, seperti luka/lecet baik di permukaan kulit yang sehata maupun tidak sehat, maka risiko penularanpun menjadi lebih besar lagi
  • Jenis organ, misalnya bersentuhan di daerah sekitar organ kelamin, resikonya menjadi lebih besar. Jadi bila hanya berpelukan pakai baju apalagi hanya sebentar maka risikonya sangat kecil sekali, bisa dikatakan hampir tidak ada.

Contoh situasi, bila berpelukannya telanjang, kemudian saling bersentuhan tubuh di daerah kelamin dan intensitas cukup lama dan bergesekan, dan di daerah organ kelamin ada lesi seperti luka/lecet/bintil-bintil/kutil, maka tentu saja risiko terpapar infeksi IMS khususnya jenis pubic lice, herpes, sifilis menjadi lebih besar lagi.

Semoga informasi ini bisa membantu.

Salam sehat Angsamerah.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.