Question #25168

views

1005

Penyakit apakah yang saya derita?

Selamat pagi Dok, saya ingin menanyakan hal terkait dengan masalah kesehatan reproduksi saya. Saya wanita berusia 21 tahun bulan Agustus 2016 ini. Saya aktif dalam kegiatan seksual sampai saat ini. Seks pertama saya lakukan pada tahun 2011 dan berlangsung singkat, lalu saya tidak melakukannya lagi dengan pasangan saya ini. Sampai saat ini saya sudah berganti pasangan sebanyak 12 kali. Dengan keterangan 2 pasangan (berbeda waktu, tidak threesome) melakukan 1 kali seks, dengan 3 pasangan (berbeda waktu, tidak 4-some) melakukan seks sebanyak 2 kali, dengan 1 pasangan melakukan seks sebanyak 4 kali, dengan 1 pasangan melakukan seks sebanyak 6 kali, dengan 3 pasangan (berbeda waktu, bukan 4-some) melakukan seks sebanyak belasan kali, dengan 2 pasangan (berbeda waktu, tidak 3-some) melakukan seks sekitar puluhan kali (saya masih melakukannya dengan pasangan saya yang sekarang). 3 seks terakhir dengan pasangan saya, saya merasakan nyeri ketika posisi doggy, dulu saya juga pernah mengalami hal itu jadi saya anggap itu adalah hal normal, mungkin terlalu dalam. Saat berhubungan dia meminta saya melakukan oral, ketika saya memberi blowjob saya merasakan rasa asam padahal sudah saya bersihkan dengan tissue sebelum mengoral, saya masih biasa saja dengan keadaan itu. Tapi baru-baru ini saya demam, kadang pusing, badan cepat lemas, pegal-pegal pada bagian pinggul belakang (area ginjal), leher, dan punggung, serta muncul benjolan pada pangkal paha kiri dan itu nyeri, saya juga batuk-batuk, apakah hal ini terjadi karena saya kelelahan? (Karena beberapa hari ini saya kurang tidur, banyak kegiatan, dan kurang istirahat). Ataukah ada penyakit reproduksi yang saya derita terkait gejala-gejala yang saya sebutkan tadi dan faktor-faktor lain seperti umur saya yang masih muda tetapi sangat aktif dalam kegiatan seksual dengan banyak pasangan. Terima kasih, Dok.

Answer

Selamat pagi. Terima kasih untuk pertanyaannya. Melihat apa yang sudah Mba ceritakan diatas,  yang pasti Mba cukup beresiko tertular IMS ( Infeksi Menular Seksual) apalagi bila melakukan hubungan intim selalu tidak menggunakan kondom. Kondom bukan hanya mencegah seseorang dari kehamilan tapi juga agar tidak tertular IMS termasuk HIV.
Gejala yang dirasakan kalau ada demam biasanya petanda ada infeksi. Infeksi harus dicari sumbernya, sehingga akan bijaksana bila mba konsultasikan kesehatan langsung ke dokter sehingga bisa langsung diperiksa dan tentunya akan diketahui sumber infeksinya dari mana sehingga dapat diobati secara tepat dengan harapan gejala yang dirasakan saat ini akan hilang.
Demikian saya sampaikan dan semoga Mba bisa sehat tanpa ada keluhan seperti saat sehat. Semangat!!

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.