Question #27432

views

3213

Penyebab CD4% turun walaupun VL undetectable?

saya B usia 31 tahun, menjalani terapi ART sudah 3 tahun . 1 Bulan ini saya mengalami diare kronis, kemudian saya cek lab hasil VL tidak terdeteksi tetapi CD4% turun. Kebetulan terakhir cek CD4 bulan April 2019 dan hasilnya 17% (VL undetected) kemudian menjadi 11% di September 2020 (saat diare sekarang). Apakah ada penyebab lain yang menyebabkan CD4 turun? Padahal hasil VL tidak terdeteksi. Apakah ART saya gagal? Terima kasih

Answer

Salam B, ada 3 kriteria untuk mengukur keberhasilan terapi, yaitu 

  1. Virologis, yaitu dengan melihat jumlah virus HIV yang ada di dalam darah. Kriteria ini merupakan alat ukur terbaik karena jumlah virus tidak dipengaruhi oleh keadaan seperti stress, kelelahan.
  2. Imunologis, yaitu dengan melihat jumlah CD4. Namun CD4 dipengaruhi oleh faktor fisik dan psikis. Dilakukan bila tidak ada fasilitas untuk melakukan pemeriksaan viral load. Bila sedang sakit (demam, diare) atau ada infeksi lain, kelelahan, kurang asupan gizi, kurang tidur, terlalu banyak aktivitas maka CD4 akan turun jumlahnya.
  3. Klinis, dengan melihat keluhan yang timbul. Kriteria ini hanya bila pemeriksaan CD4 dan viral load tidak bisa dilakukan karena belum tersedia. Bila kekebalan obat baru terjadi, CD4 masih cukup, belum ada keluhan apapun. Atau sudah pengobatan tetapi terjadi sindrom pulih imun, keluhan yang dirasakan bukan karena virus kebal terhadap pengobatan namun karena kekebalan mulai mengenali kuman yang ada di dalam tubuh.

Jadi kalau viral load tidak terdeteksi, berarti hasil pengobatan baik.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.