Question #24981

views

1072

penyebaran IMS melalui tangan

Apakah tangan dapat menjadi media penularan HPV,Herpes,sipilis,molluscum contagiosum,chancroid.pubic lice,scabies yang konon katanya menular melalui sentuhan?

misal seseorang habis memegang alat kelamin penderita IMS yg menular melalui sentuhan (HPV,Herpes,sipilis,molluscum contagiosum,chancroid.pubic lice,scabies)

kemudian memegang alat kelamin orang lain non penderita IMS atau misal orang tsb penderita IMS yg menular melalui sentuhan (HPV,Herpes,sipilis,molluscum

contagiosum,chancroid.pubic lice,scabies) dan abis memegang alat kelamin nya sendiri kmd memegang alat kelamin orang lain non penderita IMS.

terima kasih.

Answer

Selamat siang. Terima kasih atas pertanyaannya. Menanggapi pertanyaan yang diajukan, dapat saya jelaskan bahwa sebagian besar penyakit tersebut, bisa saja menenular kepada seseorang yang non IMS, akibat sentuhan dengan tangan. Tentunya kemungkinan tertular ini harus dilihat adakan Lesi dari penyakit, Lokasi lesi, yang bisa saja bila area yang disentuh tidak sesuai dengan tempat hidup penyebab IMS seperti bakteri / virus/ jamur, maka penyakit dengan gejalanya tidak akan timbul. Yang tidak kalah penting adalah intensitas kontak dengan lesinya. Jadi bila akan bersentuhan dengan partner atau sebaliknya pastikan Anda atau partner tidak sedang mengalami penyakit yang mudah menular akibat sentuhan tangan. Saya berharap jawaban ini menjadi satu pengetahuan baru bagi Anda. Selamat beraktivitas.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.