Question #26681

views

462

Perbedaan tes STD dan tes Keputihan

halo! Kemarin Sy 2x ke Angsamerah cek STD/PMS dan cek jamur keputihan. Dua duanya menggunakan spekulum + alat korek yg dimasukkan ke vagina. Apakah ada perbedaan kedua tes tersebut? Karena posisi saya hamil dan kemarin menggunakan spekulum ok2 aja. Apakah benar bisa menyebabkan keguguran? Tapi kalau STD/Jamur tdk diobati kan bisa membuat janin jadi penyakitan. Harus bagaimana ya?

Answer

Salam mbak, untuk memeriksa adanya infeksi di area vagina maka perlu dilakukan pengambilan sampel cairan vagina dan melihat tanda infeksi di vagina. Oleh karena itu dokter memerlukan spekulum sebagai alat bantu untuk membuka vagina dan kapas tangkai untuk mengumpulkan sampel. 
Pada keadaan hamil, dokter akan lebih hati-hati dalam melakukan pemeriksaan agar tidak merangsang rahim berkontraksi yang dapat menyebabkan perdarahan bahkan keguguran. Sehingga penggunaan spekulum dihindari. Pengumpulan sampel hanya menggunakan kapas tangkai steril. 
Memang infeksi di area vagina bisa menyebabkan gangguan pada kehamilan. Oleh karena itu tetap perlu dilakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan mempertimbangkan keamanan selama kehamilan. 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.