Question #26695

views

1193

Perihal tes antibodi hiv

Salam dr. Angsamerah, Saya ingin menanyakan untuk standar tes antibodi hiv menggunakan rapid test dan sejenisnya, diindonesia menggunakan acuan bahwa tes 12 minggu dikatakan valid bahkan sekarang 6 minggu, tetapi bagaimana jika pada kenyataannya memang antibodi hiv blm terbentuk dan alat pun belum dapat mendeteksi keberadaan antibodi tersebut. Lalu bagaimana dengan standar tersebut..Terimakasih sebelumnya dr. Angsamerah

Answer

Salam mas/mbak, masa jendela menjadi 6 minggu bukan dikeluarkan oleh Angsamerah namun oleh Kementerian Kesehatan berdasarkan ketentuan dari WHO dan CDC yang menyatakan bahwa masa jendela berlangsung hingga 45 hari. Hal ini berdasarkan pengamatanĀ  yang mereka lakukan bahwa alat tes yang tersedia saat ini sudah generasi 3 dan 4 yang sangat sensitif mendeteksi antibodi walaupun masih sangat sedikit.
Memang pada keadaan tertentu antibodi tidak terbentuk namun alat tes generasi 4 bisa mendeteksi keberadaan antigen atau bagian dari virus sehingga tetap dapat mendeteksi infeksi HIV.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.