Question #26154

views

595

Perilaku beresiko HIV bergilir dan masa jendela

Selamat malam dok,
Saya melakukan hubungan seks terakhir pada tanggal 23 Mei 2018 dengan menggunakan kondom, kemudian selang seminggu setelahnya saya pergi untuk pijat dan melakukan oral seks tanpa kondom, selang 2 minggu setelahnya saya juga melakukan oral seks tanpa kondom dan selang 2 hari saya juga melakukan oral seks tanpa kondom pada tanggal 16 Juni 2018.
Saya ingin bertanya dok, apakah HIV dapat menular melalui kelenjar ludah, meskipun saat bercumbu saya tidak merasakan adanya darah? Yang kedua, untuk oral seks saya hanya melakukan fellatio sekali, namun dalam kurun waktu 1 bulan didalamnya berganti pasangan bericuman sebanyak 4 kali, apakah hal tersebut memiliki resiko terpapar HIV meskipun pasangan saya bersih dari HIV? Yang ketiga, apakah untuk melakukan tes VCT harus menunggu hingga genap minggu ke-12 setelah peristiwa beresiko terakhir ? Atau saya harus segera melakukan pemeriksaan dan tes VCT secepatnya ?
Terima kasih dok

Answer

Salam mas, ciuman memiliki potensi sangat kecil untuk penularan HIV. Sebab air liur orang yang terinfeksi HIV mengandung virus namun jumlahnya tidak cukup untuk menginfeksi orang lain. 
Tes HIV di awal adalah untuk mengetahui status HIV dan pemeriksaan setelah minggu ke 12 dari perilaku berisiko terakhir adalah untuk melihat adanya penularan dari perilaku tersebut. 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.