Question #25703

views

5258

Periode Jendela

Selamat pagi dokter, saya mau nanya periode jendela itu yang benar setelah 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun ? karena saya membaca beberapa artikel di internet dan bertanya ke petugas laboratorium rumah sakit swasta ada yang bilang 3 bulan, 6 bulan, bahkan 1 tahun dok. Saya sudah 3 kali tes hiv, pertama di prodia metode cmia 12 hari pasca perilaku beresiko hasil non reaktif, kedua di rumah sakit swasta di kota saya namun saya tidak tahu metodenya 3 bulan 14 hari pasca perilaku beresiko hasil non reaktif, ketiga saya tes hiv 5 bulan 5 hari pasca perilaku beresiko di rumah sakit swasta namun saya juga tidak tahu menggunakan metode apa hasil non reaktif. Selama hampir 6 bulan belakangan pasca perilaku beresiko, saya seriang diare dok, memang tidak setiap hari kadang 5 hari kadang 7 hari dan 4 hari, dan saya juga mengalami gatal-gatal di kulit seperti follikulitis begitu dok, dan terkadang sakit kepala sampai 3 hari, saya sudah konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam di kota saya, namun beliau tidak menjelaskan secara pasti kapan masa periode jendela itu, beliau cuma bilang gejala hiv itu baru timbul bertahun-tahun kemudian dan tidak langsung, saya diberikan resep obat batu ginjal (memang saya ada batu ginjal berdasarkan hasil usg sebesar 1 cm) obat asam lambung, dan obat penenang (karena saya ada riwayat anxietas). dan dokter spesialis penyakit dalam tersebut tidak menjelaskan hasil tes hiv saya tersebut. Mohon jawabannya dok soalnya pada saat ini saya sangat cemas sekali, atas waktu dan jawaban dari dokter saya ucapkan terimakasih...

Answer

Salam mas/mbak, menurut standard dari WHO dan kementerian kesehatan saat ini masa jendela adalah 4-12 minggu berdasarkan tingkat kepekaan alat periksa yang saat ini masuk dalam standarisasi mereka. Jadi bila anda sudah tes di bulan ke lima dari perilaku berisiko tertular HIV terakhir maka hasilnya dapat diterima sebagai hasil akhir. 
Memang benar gejala bisa muncul bertahun-tahun kemudian namun bisa dideteksi berdasarkan masa jendela tersebut karena infeksi HIV pada masa awal bisa saja tidak memberikan gejala apapun.
 
Bila anda mengalami berbagai keluhan seperti diare, sakit kepala, belum tentu disebabkan oleh infeksi HIV. Stress, keracunan makanan, gangguan lambung, infeksi virus lain juga bisa memberikan keluhan yang sama. 
Semoga penjelasan tersebut bisa menjawab kegundahan anda.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana dokter mendiagnosa keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.