Question #25556

views

367

Perkataan konseloe yang beda

dok saya sudah banyak baca pertanyaan di blog ini dan rata2 jawaban dokter sama yaitu bila tes vct dilakukan post window periode maka hasil adalah final. Tp mengapa konselor vct di puskesmas menyarankan tetap harus tes setiap 3 bulan selama 3 kali, padahal tes pertama saya sudah lewat dari window periode(9 bln setelah perilaku) dgn catatan saya tdk pernah melakukan hal beresiko lg setelah yg terakhir. apakah saya sudah bisa merasa aman dan mengabaikan perkataan konselor?terimakasih dok

Answer

Selamat siang. Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan.
Sesuai dengan guideline WHO, Kemenkes dan SOP Klinik Angsamerah, window periode HIV adalah 3 bulan. Artinya bila sudah melewati 3 bulan post terpajan dengan orang yang diketahui maupun tidak diketahui status HIVnya, bila hasil negatif misalnya maka ini hasil adalah final.
Mengapa konselor VCT di Puskesmas sering menyarankan untuk test HIV tiap 3 bulan selama 3 kali, mengingat untuk teman-teman yang sering melakukan perilaku beresiko seperti tanpa kondom dan berganti pasangan dan lupa informasikan ke konselor, dengan melakukan pemeriksaan tersebut berarti bisa di deteksi dini bila terinfeksi HIV, sehingga pasien bisa diobati. Jadi agar aman, pasien yang merasa beresiko, baiknya melaksanakan anjuran konselor.
Bagi penanya yang merasa tidak melakukan perilaku beresiko, pemeriksaan setelah window periode, hasil test adalah hasil final.
Demikian jawaban saya, semoga ini membantu. Salam Angsamerah

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.