Question #25210

views

335

Perlukah melakukan test HiV pada anak anak ?

Selamat pagi dok. Apakah perlu memeriksakan anak anak yang kedua orang tua mereka telah meninggal dikarenakan gejala dari HiV AiDS. Dimana pada kasus yang menimpa kedua orang tua anak ini adalah, Ayah mereka seorang pemakai narkoba dengan jarum suntik dan meninggal karena infeksi TB, sedangkan Ibu mereka sebelum meninggal, menderita pembengkakan kelenjar getah bening di bagian leher yang sudah dibawa berobat ke banyak tempat tetapi tidak kunjung sembuh, yang akhirnya meninggal dunia. Yang jadi pertanyaan saya adalah. Apakah perlu kedua anak mereka di test HiV. Dimana perempuan sekarang kelas 6 Sd,Dyang laki laki 1 SMP. Terima Kasih.

Answer

Dear mas/mbak, perkenankan saya mengucapkan turut prihatin pada kedua anak ini.
Untuk kedua anak ini perlu dilakukan test HIV dengan pertimbangan bahwa tidak diketahui apakah saat mengandung kedua anak ini si ibu sudah terinfeksi virus HIV atau belum karena ada kemungkinan penularan dari ibu kepada bayinya melalui proses kehamilan, melahirkan dan menyusui bayinya. 
Bila nanti dilakukan proses pemeriksaan perlu pendampingan khusus bagi anak - anak untuk kondisi psikologisnya. Pertimbangkan tempat yang memperhatikan masalah ini. Walaupun kita semua berharap kedua anak ini tidak tertular.
Salam saya
 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.