Question #25056

views

1634

Perlukah test HIV?

Hallo dok
4bulan 20 hari yang lalu saya melakukan hubungan sex dengan terapies, saya melakukan nya dengan menggunakan kondom, hanya itu saja yang saya lakukan tidak ada kissing oral dan sebagainya,, dan setelah itu saya sangat ketakutan terinveksi virus hiv,, setelah 25 hari dari tindakan itu saya check darah lengkap dengan hasil normal semuanya, leukosit 7000 dan dikatakan fit, tapi setalah 3bulan 15hari hidung saya tersumbat dan blom sembuh sekitar 1 bulan lebih, saya sebelumnya juga melakukan hubungan sex dengan pasangan saya tapi dia negativ.. saya benar stres dok,,  saya mau bertanya

  1. apakah kegiatan sex saya yg menggunakan kondom(kondom tidak bocor) dari awal sampai akhir beresiko?
  2. apakah saya harus melakukan test?
  3. apakah hidung tersumbat sya ini akibat dari stres?
  4. menurut dokter apakah terinfeksi atau tidak?

makasih dok,, mohon dibalas dokter,, saya benar stres

Answer

Halo,
berikut adalah jawaban untuk pertanyaan Anda:

  1. pemakaian kondom saat berhubungan seks menurunkan risiko terjadinya penularan HIV. Untuk itu, dikatakan bahwa hubungan seks seperti ini termasuk dalam kategori risiko rendah untuk terjadinya penularan HIV.
  2. seelum Anda melakukan tes, apakah pemeriksaan lab yang Anda lakukan sebelumnya sudah termasuk tes HIV? Bila ya, maka Anda tak perlu lagi melakukan tes. Bila Anda belum pernah melakukan tes dan ingin membuat diri sendiri yakin, maka Anda berhak melakukan tes HIV.
  3. Penyumbatan hidung dapat disebabkan oleh berbagai hal. Yang paling sering adalah infeksi di rongga hidung. Selain itu, dapat juga disebabkan karena adanya alergi. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
  4. Penentuan apakah seseroang terinfeksi HIV atau tidak memerlukan pemeriksaan yang cermat. Perlu mendapatkan riwayat yang lengkap, pemeriksaan fisik dan laboratorium yang menunjang untuk bisa menentukan status HIV seseorang. Bila Anda merasa cemas, sebaiknya Anda datang langsung untuk berkonsultasi dengan dokter. Alangkah bijak bila kita dapat menghindari perasaan tak nyaman seperti yang Anda alami saat ini dengan tidak melakukan perbuatan yang berisiko menularkan HIV.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.