Question #25769

views

3717

Perut terasa perih/panas saat minum arv

dok, saya seorang odha, sudah hampir setahun menjalani terapi arv. Saya minum obat arv fdc (efavirez, lamivudin, tenofoir) 1x1 sehari tiap jam 11 malam.. ada yg mau saya tanyakan dok:
1. Kenapa perut bawah(sekitar lambung) terasa sangat perih/panas setelah 30 menit saya konsumsi arv? Ini saya rasakan setiap hari setiap minum arv, lalu rasa perih itu hilang setelah 1-2 jam setelahnya.. kira2 kenapa ya dok? Apakah ada pengaruh dari obat tersebut terhadap asam lambung?

2. Adakah makanan/minuman tertentu yg harus dihindari saat sebelum/sesudah meminum arv?

Terimakasih atas waktunya dok.. trims

Answer

Salam mas/mbak, memang salah satu efek dari ARV yang anda konsumsi memberikan efek samping gangguan pada lambung, yaitu tenovovir. Gangguan yang umumnya muncul adalah rasa perih, nyeri di ulu hati, mual, muntah, diare. Namun pada kebanyakan orang keluhan ini akan menghilang seiring perjalanan waktu. 
 
Untuk mengurangi keluhan ini sebaiknya beri jarak waktu makan dengan ARV sekitar 2 jam. Bila keluhan tetap muncul, anda bisa meminta obat yang mengurangi produksi asam lambung seperti ranitidin atau omeprazole dan golongannya pada dokter yang merawat anda.
 
 Beberapa makanan atau minuman yang dapat merangsang produksi asam lambung sebaiknya dihindari, seperti alkohol, soda, kopi, makanan pedas dan berbumbu banyak.
 
Semangat dan Semoga anda sehat selalu

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana dokter mendiagnosa keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.