Question #25136

views

11558

Petugas kebersihan RS tertusuk jarum suntik

Hallo dok, saya pernah terkena jarum suntik bekas di salah satu rumah sakit di bandung, karena saya bekerja di petugas kebersihan..dan saya orang awam, saya tidak mengambil suntikan tersebut untuk di liat bekas pasien apa, apakah saya bisa terinfeksi hiv ?.saya sudah test immunology dan hasil nya HBSaG = Non reactive dan Anti-hiv rapid = negative..saya di konseling oleh dokter di rs trsebut, katanya ga akan apa-apa (tidak terinfeksi hiv)..apakah benar sebelum 3 bulan virus hiv bisa terdeteksi ? apakah saya harus cek darah lagi ? saya udah kluar kerja dari rs tersebut sesudah kejadian tersebut makanya bingung harus konsultasi kemana.. liat di web atau blog mana yang bisa membalas dan menjawab pertanyaan dari saya..semoga dokter bisa membalas dan menjawab pertanyaan dari saya..terimakasih banyak dok

Answer

Terimakasih sahabat untuk pertanyaannya.
Saran saya ulangi kembali pemeriksaan tes antibodi HIV setelah 3 bulan kejadian tertusuk tersebut, dan tes hepatitis B dan anti hepatitis C setelah 6 bulan. Pastikan selama menunggu 3 dan 6 bulan tersebut sahabat tidak melakukan tindakan berisiko lainnya seperti misalnya, berhubungan seks tanpa kondom dengan pasangan seksual yang anda tidak kenal status kesehatannya. 
Bila sahabat belum pernah vaksinasi hepatitis B, saya sarankan sebaiknya anda mendapatkan vaksin hepatitis B. 
Bila kejadian ini berulang kembali, sebaiknya segera dilaporkan tidak melebihi 72 jam, sehingga tindakan profilaksis/pencegahan bisa segera diberikan untuk bapak.
Sepertinya dari cerita bapak, sudah baik bapak mengkonsultasikan kejadian in ke dokter anda.
Salam harapan yang baik untuk kesehata anda.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.