Question #27291

views

3717

PMI tidak hubungi berarti kantong darah aman

Selamat pagi dokter.
Sya melakukan sex berisiko 4/5 tahun (2015/2016) yang lalu. Sya melakukan rapid test sampai 3x pada bulan Januari 2020, Februari 2020, dan Maret 2020 semuanya *non-reactif* yang artinya Negatif Hiv, setelah sya baca penangan hiv tentang masa jendela, masa inkubasi, itu semua bakalan efektif kalo tes 3-6 bulan dengan rapid test OneStep HIV ini, apalagi sya melakukan test tentunya sudah lebih dari masa jendela dan inkubasi.
Selama ini, sya donor darah pun tidak ada info dari PMI setempat kalo ada masalah di dalam darah sya (hiv, dsb) sesuai artikel yang sya baca yang mana "pemilik kantong darah akan di hubungi PMI dan diberitahu kalo ada kandungan hiv, hepatitis, dll. di dalam darahnya"
Tapi yang bikin sya panik, pasangan berisiko sya itu meninggal dengan gejala yang mirip hiv semuanya, kecuali pembengkakan cairan getah bening di leher.
Sya jadi takut sekali.
Nah pertanyaannya;

1. Apakah test sya valid hasilnya dengan OneStep HIV ini setelah melewati masa jendela?

2. Apakah masa jendela sudah termasuk masa inkubasi?

3. Apakah di rapid test menunjukan antibodi negatif artinya antigen juga negatif?

4. 3x hasil rapid test OneStep *non-reactif* apakah perlu sya test lanjutan di RS?

5. Apa bisa orang yang punya penyakit bawaan yang berat (ispa) saat terkena HIV bisa meninggal lebih cepat sebelum 5-10 tahun ketentuan?

6. Kalo PMI tidak menghubungi berarti hasilnya darah sya aman kan ya? Karena pasti sampel kantong darah di cek dulu kan di lab mutakhir mereka sebelum di edarkan ke masyarakat?

Mohon pencerahannya ya dokter.
Maaf kalo panjang pertanyaan saya ini.

Answer

Salam mas, , tes HIV dikatakan final atau konklusif bila tes tersebut dilakukan setelah masa jendela yaitu minggu ke 4-6 dari perilaku berisiko tertular HIV terakhir. Yaitu masa setelah berakhirnya masa jendela, dapat diketahui ada penularan atau tidak. Masa inkubasi adalah masa masuknya virus sampai ada gejala. Jadi masa inkubasi dan masa jendela berbeda. 
Ada beberapa kemungkinan anda tidak dihubungi oleh PMI, bisa karena memang negatif atau pemberitahuan tersebut tidak sampai kepada penerima. Sedangkan darah yang tercemar akan diproses sebelum dibuang. 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.