Question #25834

views

555

Positif negatif sunat

Dok saya sedang mempertimbangkan untuk melakukan prosedur sunat, dikarenakan pacar saya menganjurkannya. Oleh karena itu apa saja ± dari prosedur ini. Dan lama penyembuhannya berapa lama? Kalau utk prosedur lebih baik teknik apa? Thx

NB: selama ini hanya menemukan artikel yg terlalu mendorong utk melakukan sunat.

Answer

Salam mas, sunat memang memiliki keunggulan dalam hal lebih mudah untuk membersihkan area penis dibandingkan mereka yang tidak sunat. 
Bila terjadi infeksi yang melibatkan kulup atau kulit sehingga terjadi pembengkakan area tersebut atau fimosis yang dapat menyebabkan gangguan berkemih, tidak akan dialami jika sudah disunat. 
Kerugian sunat adalah pada proses pelaksanaan sunat yang menimbulkan efek samping infeksi, perdarahan, proses penyembuhan luka yang lebih lama. Kadang terjadi pemotongan kulup terlalu banyak sehingga saat ereksi terasa nyeri. Risiko terpotongnya kepala penis bisa juga terjadi. Namun tenaga medis yang berpengalaman menurunkan risiko terjadinya hal ini.
Mengenai teknik sunat, anda bisa mendiskusikan dengan dokter yang akan mengerjakan. Ada banyak pilihan  tergantung dari fasilitas kesehatan yang anda pilih, seperti menggunakan electro-cauter, metode cincin, menggunakan laser, dan yang lainnya. 
Proses penyembuhan juga tergantung metode sunat yang anda pilih.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.