Question #25597

views

4031

Post-Exposure Prophylaxis (PEP)

dok, saya mau bertanya tentang post-Exposure prophylaxis(menerima obat antiretroviral after exposure untuk mencegah terjadinya infeksi)
apakah hanya bisa untuk virus HIV? apakah untuk virus HERPES juga bisa digunakan? mungkin bisa menggunakan arv herpes seperti "Famciclovir"?
kalau di Indonesia, apa juga tersedia?

saya menerima oral sex kemarin, saya sudah membuat janji di klinik angsamerah untuk hari senin siang, apa treatment pencegahan bisa dilakukan?
terima kasih dokter, mohon supaya dapat dijawab....

Answer

Salam mas/mbak, pencegahan pasca pajanan (PPP) hanya bisa menggunakan ARV atau obat yang digunakan untuk pengobatan HIV. PPP ini diberikan 72 jam pasca pajanan dengan melalui test dan konseling terlebih dahulu dengan dasar pertimbangan bahwa obat tersebut harus dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup panjang, obat ini juga memiliki efek samping dari yang ringan sampai berat, dan PPP tidak meniadakan risiko tertular HIV hanya memperkecil kemungkinan risiko penularan saja.
Jadi penggunaan PPP memang tidak sederhana. Silahkan anda menggali informasi sebanyak-banyaknya dengan dokter kami di klinik Angsamerah saat melakukan konsultasi nanti.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.