Question #26454

views

238

Potensi tertular TBC

Halo Dokter,

Salah seorang keluarga kami ada yang meninggal karena riwayat TBC akut yang juga mengidap Aids dan kebetukan tinggal di rumah ibu kami. Selang beberapa lama kamar dr almarhum dipakai oleh ponakan kami perempuan yg berusia 19 tahun. Selang setahun setelah wafatnya keluarga kami tersebut, ponakan kami terkena TBC. Yang saya ingin tanyakan, apakah TBC memang sangat menular meskipun almarhum sudah wafat. Bagaimana membersihkan/menghilangkan bakteri TBC dirumah tersebut. Kebetulan kami mempunyai anak usia 3 tahun, dan kami sedikit khawatir akan kesehatan anak kami jika berkunjung ke rumah neneknya, karena saya lihat imunisasi anak kami tidak ada vaksin BCG untuk TB. Bagaimana sebaiknya dokter? Kami ada rencana untuk melakukan vaksin BCG, adakah rujukan untuk mendapatkan vaksin tersebut di Jogja dokter? Terima kasih 

Answer

Selamat malam. Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan.
TBC adalah bakteri yang sangat senang hidup didaerah yang lembab. dan bisa bertahan hidup lama. contohnya ada orang dg TBC dan meludah ke tanah yang kering, bakteri dalam ludah/ dahak akan kering dan bisa bertahan bertahun dan bila dahak kering terkena air dan kering dan kena angin dan terhirup orang sehat maka orang tersebut bisa terinfeksi TBC. 
Cara menanggulangi agar bakteri TBC hilang adalah:
1. Tutup mulut saat batuk dan bersin
TBC menular lewat dahak dan air liur yang keluar dari mulut. Maka, pengidap TBC harus menutup mulutnya saat bersin atau batuk. Namun, jangan tutup mulut dengan menangkup kedua tangan. Kuman bisa berpindah ke tangan Anda dan kemudian berpindah lagi ke orang lain saat Anda berjabat tangan atau memegang mereka.
Sebaiknya gunakan tisu (jangan lupa untuk segera buang di tempat sampah, Jangan dibuang sembarangan) atau sapu tangan pribadi untuk menutup mulut. Jika tidak ada, tutup mulut dengan memalingkan wajah ke sisi lengan dalam atau siku dalam Anda.
Kenakan masker saat berada di tempat umum untuk mencegah penularan TBC pada orang yang sehat.
2. Jangan meludah atau buang dahak sembarangan!
Sama halnya dengan batuk atau bersin di tempat umum, buang dahak dan meludah tidak boleh sembarangan di tempat umum. Bakteri yang ada di dalam ludah Anda bisa berterbangan di udara dan kemudian terhirup oleh orang-orang sekitar.
Jika ingin membuang dahak atau meludah, lakukanlah di kamar mandi. Siram ludah Anda sampai terbilas bersih. Apabila situasi dan kondisi tidak memungkinkan Anda untuk pergi ke kamar mandi terdekat, meludahlah di selokan atau kali yang airnya mengalir.
3. Hindari kontak langsung dengan anak-anak
Sebisa mungkin, hindari berdekatan atau kontak langsung dengan bayi, balita, atau anak-anak, karena sistem imun mereka masih belum kuat dan cenderung lemah.
4. Biarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan
Kuman penyebab TB umumnya dapat bertahan hidup di udara bebas selama satu sampai dua jam, tergantung dari ada tidaknya paparan sinar matahari, kelembapan, dan ventilasi. Pada kondisi gelap, lembap, dan dingin, kuman TB dapat bertahan berhari-hari — bahkan sampai berbulan-bulan.
Namun, bakteri TB bisa langsung mati jika terpapar oleh sinar matahari langsung. Maka, bukalah jendela dan tirai Anda ketika cuaca cerah. Biarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan untuk membunuh kuman-kuman TBC yang mungkin bersemayam dalam rumah Anda.  Pastikan ada aliran udara yang baik. Lantai sering di pel agar bila ada dahak dengan bakteri bisa dibersihkan. 
Untuk anak yang masih kecil, 3 tahun baiknya dibawa ke dokter, di cek apakah sudah tertular atau tidak. Bila tidak tertular TBC, bisa mendapat vaksin.
Demikian saya sampaikan, semoga ini bermanfaat.
Salam Angsamerah.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.