Question #25607

views

2020

Resiko PMS karena oral seks dalam kondisi sariawan.

Selamat malam, dokter. saya mau mengajukan pertanyaan terkait topik diatas.

pada hari jumat 19 Mei lalu saya melakukan oral seks dalam kondisi bibir sedang sariawan, dan kemudian untuk kedua kalinya saya melakukannya beberapa jam yang lalu (29 Mei) masih dalam kondisi bibir sariawan hanya kali ini dalam proses mau sembuh tapi saat melakukan oral seks, saya merasakan adanya cairan precum yang keluar.

saya mau bertanya apakah resiko terinfeksi PMS dalam kondisi tersebut besar, dan penyakit seperti apa yang bisa tertular, mengingat karena partner saya sudah pernah melakukan oral seks dengan orang lain sebelumnya. Saya berniat memeriksakan diri, kira-kira dalam tempo waktu berapa lama kah yang tepat untuk saya memeriksakan diri? terimakasih dok

Answer

Salam mas, melakukan hubungan seks melalui mulut tanpa menggunakan kondom memang berpotensi terkena infeksi menular seksual. Terlebih pada kasus ini rongga mulut anda ada sariawan yang memperbesar kemungkinan tertular. Semua infeksi menular seksual mungkin ditularkan melalui aktivitas ini.
Mengenai waktunya, tergantung pada jenis infeksi menular seksual.
Gonorrhea dan Chlamydia memiliki masa inkubasi 2-21 hari setelah aktivitas seksual berisiko terakhir, HIV memiliki masa jendela hingga 12 minggu. Sedangkan masa inkubasi sifilis berkisar antara 10-90 hari. Berdasarkan periode waktu tersebut silahkan untuk memutuskan kapan anda ingin melakukan pemeriksaan. Saran saya adalah di hari ke 7 dan setelah minggu ke 12 setelah aktivitas berisiko tersebut.
 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.