Question #25588

views

525

Saya khawatir dok

Pagi dok, saya pria dgn hiv undetectable, tp cd 4 masih di sekitar 300. Saya tidak terlihat mengidap hiv mohon maaf dok waktu itu saya sempat ml dengan partner saya dan saya sebagai bottom, partner saya menggunakan kondom dan ternyata saat tengah ml dia mencopot kondom tanpa sepengetahuan saya, kemudian saya sadar dan menghentikan permainan kami. Saat saya membersihkan bagian bawah saya tidak terlihat bercak darah sama sekali. Apakah partner saya berkemungkinan terkena virus hiv dari saya? Kira2 untuk kasus seperti ini berapa persen kemungkinan partner saya terkena virus hiv dok ? Saya merasa bersalah karena menyembunyikan status saya tapi setelah saya terkena virus hiv saya selalu memproteksi diri dg menggunakan kondom, menutup luka, menjaga kebersihan mulut dll. Hingga terjadi kejadian spt ini. Terimakasih mohon bantuannya

Answer

Salam mas, bila anda sudah minum obat dengan teratur dan virus dinyatakan tidak terdeteksi lagi, maka potensi penularan lebih kecil. Namun ada baiknya anda terus menggunakan kondom untuk menghindari penularan. 
Bila sudah telanjur terjadi peristiwa tersebut saran saya, anjurkan pasangan anda untuk melakukan VCT rutin 3 bulan setelah kejadian ini dan setiap 6 bulan sebagai bagian dari pemeriksaan rutin.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.