Question #24946

views

2214

Saya mengalami ketakutan akan penyakit hiv

Selamat malam dr.jacqueline. Saya mengalami ketakutan akan penyakit hiv tetapi saya tidak mengalami gejala apapun. Bagaimana dok agar saya yakin dan tidak merasa takut lagi? Gina

Answer

Selamat siang Gina. Umumnya pasien yang beresiko kena HIV memang akan mengalami ketakutan hingga stress. Obat penenang lebih sering tidak membantu banyak. Untuk tenang biasanya yoga atau alihkan fokus pada hal positif lain. Cara yang saya usulkan adalah dengan melakukan test HIV secepatnya . Bila hasilnya non reaktif dan sudah melewati periode jendela, maka persoalan selesai. Lakukan hal yang positif untuk masa depan.
Bila hasil reaktif, maka sebaiknya dilanjutkan dengan pengobatan. Makin dini diketahui, makin baik dan kemungkinan untuk hidup lebih panjang dibandingkan bila diketahui reaktif bila kekebalannya sudah sangat rendah. Setelah mulai berobat, minum obat dengan disiplin dan Do Your Best, agar bukan pasien HIV yang mencari pekerjaan tetapi perusahaan yang mencari pasien karena kerjanya baik. Gejala terinfeksi HIV memang tidak jelas pada beberapa tahun pertama,tetapi bila kekebalan sudah turun kadang ada beberapa gejala yang timbul seperti demam dan diare berkepanjangan. Baiknya memeriksakan diri sebelum timbul gejala . Semoga respond ini memberi pencerahan pada Gina.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana dokter mendiagnosa keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.