Question #25690

views

51025

Saya penderita hiv

Dok saya positif hiv umur saya 29 saya udah disuruh dokter minum ARV saya coba minum jam 11 Mlm setelah saya minum kepala saya pusing perut saya mual smpe pagi akhirnya saya minum susu beruang baru terasa enk badan saya saya divonis positif hiv dri tgl 3 maret 2017 saya hanya 1 minum ARV smpe skrg saya ga berani lagi minum ARV berapa lama kan saya akan bertahan hidup apakah dampak yg akan timbul klw saya ga minum ARV

Answer

Salam mas/mbak, pada awal mengkonsumsi ARV memang muncul efek samping yang tidak menyenangkan bahkan pada beberapa orang bisa mengganggu aktivitas rutin sehari-hari. Namun itu adalah proses adaptasi tubuh terhadap pengobatan dan keluhan yang muncul sering bersifat personal, tidak semua mengalami keluhan yang sama. Nanti efek samping tersebut akan menghilang seiring berjalannya waktu. 
Dampak bila anda tidak mengkonsumsi ARV lagi maka akan menyebabkan sistem imun akan turun dengan cepat sehingga akan menyebabkan berbagai infeksi mudah menyerang. Hal tersebut tentu menurunkan kualitas hidup anda. 
Mengenai berapa lama anda dapat bertahan, tergantung jenis infeksi apa yang menyerang.
Saran saya sebaiknya anda kembali mengkonsumsi ARV. Carilah layanan HIV yang membuat anda nyaman dan dapat berdiskusi dengan dokter yang merawat dalam waktu yang cukup seperti di klinik Angsamerah.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.