Question #27286

views

579

Sifilis atau penyakit yg lain

Hai dok, ini akan jadi pertanyaan yg panjang untuk dokter jadi saya harap dokter dpt membantu saya dgn membantu menjawab dan menjelaskan pertanyaan saya.
Jadi gini dok, saya merasakan perih di penis saya saat sedang menyabuninya (mandi). Saya tdk melihat ada luka saat itu. Setelah saya selesai mandi saya foto dengan flash dan ternyata ada bbrp luka kecil di penis saya. Luka ini tdk begtu terlihat tpi saya merasakan perih jika menyentuh luka itu. Kemudian saya melakukan hubungan dgn pasangan saya tdk menggunakan kondom dan oral seks. Luka itu hilang dlm waktu 3 hari saja dan saya tdk merasakan perih lagi.
Setelah bbrp hari pasangan saya mengalami bintik2 merah di lengan, muka, dada dan perut. Disertai kepala hangat tpi badan tidak, sakit kepala yg cukup menganggu sampai tidak kuat untuk berdiri, sakit tenggorokan atau demam. Setelah berobat dan cek darah katanya mengalami gejala tipes dan anemia. Bbrp hari setelah minum obat kondisi kembali sperti semula dan tidak ada bintik lagi. Trkadang dia suka mengeluh kliyengan dan sakit tenggorokan.
Ohiya jadi sblm semua itu terjadi saya melihat ada 1 kutil kecil di penis saya dan saya masih awam pada saat itu jadi saya menghiraukannya dan melakukan hubungan. Skrg kutil itu bertambah menjadi 5-6 kutil kecil. Disertai 1 jerawat biasa yg sblmya tidak ada cairan didalamnya. Selang 1 bulan jerawat itu ada cairan seperti nanah dan saya pecahkan kemudian jerawat itu kempes dan seperti tidak ada bekas jerawat tetapi jika disentuh masih sprti ada sprti bekas benjolan kecil.
Yang ingin saya tanyakan adalah:

  1. Apakah luka itu adalah luka sifilis atau luka lain? Jika memang benar sifilis, kenapa saya tidak mengalami gejala selanjutnya seperti bintik2 merah, sakit kepala, sakit tenggorokan dsb? Kenapa hanya pasangan saya saja yg mengalaminya?
  2. Melanjut dari pertanyaan pertama, apakah bisa jika seandainya saya tidak terinfeksi tapi pasangan saya terinfeksi? Apakah memang kami berdua terinfeksi tetapi hanya saya saja yg tidak mengalami gejalanya?
  3. Apakah pasangan saya benar hanya mengalami gejala tipes dan anemia saat itu?
  4. Apakah kutil tersebut memang benar adalah kutil kelamin?
  5. Apakah sifilis juga mempunyai gejala berupa kutil kelamin?
  6. Untuk yg jerawat berisi cairan nanah apakah itu merupakan gejala dari herpes simpleks apa emg bagian dari gejala kutil kelamin atau sifilis?
  7. Apakah saya dan pasangan saya mengalami gejala HIV atau penyakit menular seksual yg lainnya?

Saya sangat berharap dokter bisa menjawab semua pertanyaan saya dan menjelaskannya, terima kasih sebelumnya dok. Semoga sehat selalu.

Answer

Pertanyaan yang Anda ajukan bersifat sangat klinis, sehingga sebaiknya dijawab melalui konsultasi tatap muka dengan tambahan pemeriksaan fisis dan laboratorium yang memadai.
Saya akan menerangkan secara singkat bahwa sifilis memiliki masa inkubasi atau dari masuknya kuman sampai timbul gejala antara 10-90 hari. Sering kali gejala awal sifilis tidak disadari karena tidak ada nyeri. Luka sifilis bisa sembuh namun penyakitnya terus berlanjut dan menyerang organ tubuh yang lain bila tidak diobati. Kutil, herpes dipastikan dengan pemeriksaan fisik karena deskripsi bentuk bisa dimiliki oleh penyakit lain. HIV juga tidak memiliki gejala yang khas sehingga diagnosa tidak dapat hanya berdasarkan gejala saja. Perlu pemeriksaan laboratorium untuk memastikannya.
 
 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.