Question #26349

views

1167

stress HIV

Dok saya seorang mahasiswa tingkat akhir, saya pernah berperilaku resiko tanpa kondom pada tahun 2015, 2016, dan terakhir kemarin awal agustus. total saya hanya 4x melakukan hubungan seks hingga skrg. saya ingin melakukan tes hiv tetapi saya masih belum siap mental apabila nanti yg saya terima adalah positif. 2 minggu setelah perilaku terakhir saya terkena GO dan sembuh. lalu saat ini saya terkena flu, demam, KGB leher bengkak dan tensi darah saya rendah. pertanyaan saya,
1. jika saya HIV +, apakah mungkin saya sudah pada tahap Aids?
2. dapatkah saya menunda tes HIV hingga tahun depan karena saya ingin fokus mengerjakan skripsi dan mendapat pekerjaan agar saya leluasa untuk biaya tes ke rumah sakit.
3. gejala2 ini muncul setelah saya mulai membaca tentang HIV, saya stress dan takut dok. setiap gejala yang saya takutkan datang, pada akhirnya muncul juga seperti sekarang.
mohon bantuannya. terima kasih

Answer

Salam mas/mbak, 

  1. Tergantung pada sistem kekebalan yang anda miliki. Bila masih cukup maka belum ada keluhan yang muncul. Namun bila sudah tidak mampu lagi melawan bakteri dan virus yang masuk maka masuk ke tahap AIDS.
  2. Semakin cepat anda tes, semakin cepat pula ketakutan anda diselesaikan. Mungkin akan membuat anda lebih leluasa mengerjakan skripsi.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana dokter mendiagnosa keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.