Question #25613

views

851

Sudah lewat 4 bulan, perlukah saya mengikuti saran petugas VCT untuk tes kembali 3 bulan lagi?

dok, saya melakukan resiko 2 Oktober 2016 dan pernah flu,pilek&demam pada akhir Oktober. Dan pada 25 Desember 2016 saya kemungkinan beresiko (oral dengan saya sariawan). Selama Januari-Mei sekarang tidak melakukan kontak seksual apapun. Saya melakukan tes di Puskesmas 15 Mei 2017 kemaren yg hasilnya non reaktif dan petugas sudah menyebut sudah habis masa jendela, tapi diminta tes lagi 3 bulan kemudian (Agustus nanti). Petugas bilang memang hasilnya non reaktif saat di tes, dan untuk memastikan saya diminta tes 3 bulan lagi tsb. Tetapi ada petugas lain bilang "bisa saja virus hiv nya tidur", benar virusnya saat di tes bisa seperti itu dok? kenapa petugasnya bisa bilang begitu dok? apakah di puskesmas bisa saja ada penipuan tes laboratorium tsb? Atau mereka hanya menakut-nakuti?
Menjelang tes, saya seperti mau flu&demam disertai pusing (tidak seperti flu biasanya, hanya seperti radang di hidung bagian dalam, dan ada kala bersin-bersin dan mengeluarkan pilek, tetapi setelah dipakai tiduran dan berdiri kembali tidak ada pilek ataupun bersin-bersin (berjangka), beberapa hari kemudian pilek hanya kurang lebih 3 hari), saat tes 15/5/2017 tsb dalam kondisi sudah sembuh, hanya sedikit pilek. Sekali lagi, selama 2017 tidak ada kontak seksual apapun, dapat dipastikan tidak ada resiko.
Sekali lagi, Apakah tes 15/5/2017 yg saya lakukan tersebut dapat dipastikan saya negatif HIV? Pada fase laten, apakah seseorang HIV positif tanpa terserang sakit flu/demam, sariawan atau penyakit lainnya selama bertahun2 dan hidup sehat terus? Terakhir, apakah kondisi saya saat tes bisa mempengaruhi tes sehingga bisa dikatakan tidak akurat non reaktif?

Answer

Salam mas/mbak, berdasarkan cerita anda maka hasil test anda dapat diterima sebagai hasil akhir walaupun anda datang dalam keadaan sedang influenza. 
Mungkin maksud petugas puskesmas tersebut adalah agar anda rajin melakukan test penapisan terhadap HIV.
Orang dengan HIV bisa dalam keadaan sehat tanpa keluhan apapun bertahun-tahun sampai suatu saat sistem kekebalan tidak mampu lagi menjaga tubuh dari kuman-kuman. Namun bila minum obat maka dia akan dapat bertahan lebih lama lagi tanpa keluhan sakit.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.