Question #25447

views

2760

TB MDR

Pagi Dok,
Saya positif TB paru, setelah dua bulan menimum obat FDC dari TB DOTS, hasil BTA masih positif, kemudian sisipan selama satu bulan dan hasilnya masih +1. Setelah itu saya memeriksakan sputum di TB MDR dan hasilnya Rifampisin Sensitif. Hasil rontgen menunjukan perbaikan juga. Apakah pengobatannya masih intensif dengan meminum obat FDC setiap hari sampai hasil BTA negatif? Atau bagaimana? Terimakasih sebelumnya.

Answer

Salam mas/mbak, Saya tidak tahu hasil test BTA awal anda. Bila awalnya di atas positif 1 berarti saat ini sudah ada perbaikan. Rifampicin adalah anti TB yang pertama kali mengalami resisten atau kebal obat. Bila masih sensitif berarti pengobatannya sudah tepat bila menggunakan rifampicin. BTA hanya melihat kuman namun tidak bisa menilai apakah kuman tersebut hidup atau mati. Jadi keberhasilan terapi diukur dari 3 hal, perbaikan gejala klinis, perbaikan pemeriksaan fisik dan penunjang atau rontgen, dan penurunan jumlah kuman BTA. 
Obat diminum sampai jangka waktu tertentu 6-9 bulan. 2-3 bulan obat diminum setiap hari, sisanya diminum seminggu tiga kali. Nanti dokter yang merawat anda lebih mengetahui tepatnya dan mengatur tata cara minum obat anda

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.