Question #24991

views

2887

tes hepatitis B dan C

Salam sejahtera, semoga bapak & ibu dokter diberi kesehatan selalu. Saya ingin menanyakan apabila ingin tes untuk hepatitis B & C apakah ada window periodsnya 3 bulan seperti HIV? Untuk hepatitis B saya lihat ada tesnya beberapa macam (hbsag,.anti HBC, hbeag, dll). Jika untuk mengetahui pertama kali apakah seseorang terinfeksi hepatitis b apakah harus melakukan semua tes tsb? Atau hanya salah satu atau salah dua tes saja? Untuk tes hepatitis C hanya satu yaitu anti HCV itu apakah tes antibodi seperti tes HIV?

Answer

Terima kasih untuk pertanyaannya. Menanggapi waktu pemeriksaan Hepatitis yang ditanyakan dapat saya jelaskan sbb: Masa inkubasi hepatitis B virus adalah rata-rata 75 hari, bervariasi dari 30 hingga 180 hari. Virus Hepatitis B dapat dideteksi dalam 30-60 hari setelah infeksi dan bisa berkembang menjadi Hepatitis B kronis.

Masa Inkubasi hepatitis C akut rata-rata 6 hingga 10 minggu dan Virus Hepatitis C dapat dideteksi dengan RT-PCR dalam beberapa hari setelah terinfeksi. Sebagai tambahan Anti-HCV timbul pada infeksi akut biasanya antara 2 hingga 8 minggu setelah masuk liver. Tetapi bisa terjadi pada orang tertentu tidak menghasilkan hasil test yang positive dalam 6-9 bulan setelah onset penyakit.

Untuk mengetahui seseorang terinfeksi virus Hepatitis, evaluasi dasar dengan pemeriksaan biokimia untuk fungsi hati/liver seperti: total dan direct bilirubin, SGOT dan SGPT, alkaline fosfatase, prothrombin time, total protein, albumin, globulin, complete blood count, and coagulation darah. Diikuti dengan pemeriksaan spesifik untuk Hepatitis B: HBsAg dan anti HBsAg dan untuk hepatitis C diperiksa anti HCV.

Semoga jawaban saya ini membantu. Semangat!

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana dokter mendiagnosa keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.