Question #26049

views

9037

Hasil tes HIV indeterminate pada Ibu hamil

Dok,
Saya wanita hamil usia 22 minggu. Pada tgl 28 maret kemarin saya tes darah menyeluruh di puskesmas dengan hasil HIV saya indeterminate. Kemudian pada hari yg sama juga saya melakukan tes ulang di RS swasta dgn metode rapid, dengan hasil indeterminate juga. Padahal selama ini saya dan suami tdk pernah melakukan faktor beresiko apapun dan hidup kami lurus-lurus saja. Hari itu pula kami melakukan tes di laboratorium swasta dgn metode cmia hasilnya non reaktif,indeks 0,08.

Karena masih dibayangi rasa ketakutan dan paranoid pada tgl 31 maret saya melakukan tes ulang dgn 3 metode di laborat swasta hasil: cmia 0,09 (reaktif  <1) elfa 0,05 (reaktif <0,25 ) dan rapid tes non reaktif. Kenapa dok pada tgl 28 maret metode rapid saya terbaca indeterminate?Padahal saya dan suami yakin bersih dari hal semacam itu.
Saya sangat stres karena paranoid.
Mohon balasannya

Answer

Salam mbak, saya tidak dapat menjawab dengan pasti mengapa hasil tes anda dikatakan indeterminate karena saya hanya melihat hasil yang anda berikan dengan tes 3 metode. Kemungkinan salah satu atau lebih alat namun tidak semuanya, yang digunakan puskesmas dan rumah sakit swasta tersebut ada yang menunjukkan hasil positif. Memang ada alat yang sangat sensitif yang bisa menunjukkan hasil positif namun tidak spesifik untuk HIV. 
Untuk memastikan anda terinfeksi atau tidak tentu perlu memerlukan konfirmasi dengan tes Western Blot. 
Agar anda dan suami tidak semakin gelisah, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter di layanan HIV yang ada di Puskesmas, RSUD atau klinik Angsamerah untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana dokter mendiagnosa keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.