Question #25385

views

1177

tes hiv viral dan combo

Dear, angsa merah
Sekitar 5 minggu lalu saya melakukan oral seks (saling mengoral dan tanpa disertai dengan senggama) dan 1 minggu kemudian saya cek lab dan ditemukan bakteri klamidia di lidah/tenggorokan saya.  setelah 1 minggu mengkonsumsi antibiotik, bakteri tersebut tidak ditemukan lagi.  Pertanyaan saya, adakah kemungkinan bakteri tersebut datang kembali ?
Saya ingin melakukan cek HIV, pada saat saya konsultasikan, disarankan saya melakukan tes viral pada minggu ke-6 sejak melakukan oral seks.  Pertanyaan saya, sejauh mana akurasi tes viral tersebut ?
Saya membaca di blog ini juga, bahwa angsa merah dapat memfasilitasi untuk melaksanakan tes combo. Pertanyaan saya, apabila saya melaksanakan tes combo pada minggu ke-6, sejauh mana akurasi tes combo tersebut apabila dibandingkan dengan tes viral atau tes rapid ?
Saya pernah baca juga di blog ini kalau rapid tes pada saat window period akurasinya sekitar 85% dan setelah window period meningkat menjadi 99%. Apakah kalau saya melaksanakan tes viral/tes combo pada minggu ke-6, Kira2 apakah sudah konklusif ?
Terima kasih atas responnya

Answer

Salam mas/mbak, terima kasih untuk pertanyaannya.  Pada kasus chlamydia, bila sudah diobati dan sembuh, maka kumannya juga hilang. Tetapi masih mungkin bila tertular kembali.
Test HIV yang dilakukan pada minggu ke-6 belum dapat diputuskan sebagai hasil akhir karena masih di dalam masa jendela. Pernyataan tersebut berlaku juga untuk semua hasil test.
Saya kirimkan tautan berikut untuk menambah informasi  
http://blog.angsamerah.dev2/pertanyaan-umum-seputar-tes-hiv/

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana dokter mendiagnosa keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.