Question #26807

views

1897

Test ECLIA minggu ke 7

Halo dokter Angsamerah yang baik hati. Salam sehat dan sejahtera
Mau tanya dok. 7 minggu yang lalu mendapatkan handjob dari seorang therapis. 7 minggu berlalu saya melakukan test di prodia dengan metode ECLIA hasilnya alhamdulillah non reaktif.
Yang saya tanyakan. Apakah handjob beresiko menularkan? Karena setelah handjob saya mengelap memakai handuk yang disediakan di tempat tersebut
Test ECLIA generasi keberapa ya dok?banyak sekali artikel yang mengatakan ECLIA bukan generasi ke 4. Baik di HIV vancouver dll mengatakan ECLIA generasi ke 3
Yang terakhir hasil test permenkes 6 minggu sudah konklusif kah?karna masih banyak dokter yang menyarankan di 3 bulan dan 6 minggu masih belum konklusif. Apakah memang window periode 6 minggu ini belum tersosialisasi dengan baik? Sampai saya cari dimanapun dan konsultasi di dokter manapun kok tidak ada yang tau ya dok..

Answer

Salam mas, tes HIV dikatakan final atau konklusi bila tes tersebut dilakukan setelah 6 minggu dari perilaku berisiko tertular HIV terakhir dengan alat tes generasi 3 atau 4 yang tersedia saat ini.Hal ini ditetapkan berdasarkan Kepmenkes HK.01.07 tahun 2019 mengenai Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tata Laksana HIV. Memang belum banyak yang mengetahuinya terutama di tempat yang tidak secara khusus melayani HIV.
 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana dokter mendiagnosa keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.