Question #24963

views

35650

Test IMS apa saja yg perlu saya lakukan?

Halo dok, saya laki2 dan sexually active dgn 1 pasangan tetap dan sering jajan di luar. Jika saya jajan diluar saya tidak pernah melakukan penetrasi vaginal maupun anal dan hampir selalu menggunakan kondom saat menerima oral dari psk. Ada beberapa episode yg saya tidak menggunakan kondom saat menerima oral. Saya juga pernah beberapa kali menerima oral anal. Saya selalu melakukan fingering ke psk tsb tetapi tidak pernah sekalipun memberikan oral baik vaginal, anal atau pun mouth kissing kecuali ke pasangan tetap saya. Ending dari setiap episode jajan adalah dgn handjob. Saya mengerti bahwa IMS tidak selalu menunjukan gelaja dan HIV beresiko kecil pada saya.
Tetapi saya benar2 kepikiran terus semenjak episode fingering dan saya melihat suspect lesi pada vagina psk tsb. Pertanyaan saya:
1. Test IMS apa saja yg perlu saya lakukan? Perlukah test HIV juga? Dgn episode terakhir saya tgl 3 Juni 2015 dgn psk, kapan waktu yg tepat untuk melakukan test IMS?
2. Bisakah chancre tersebut menularkan sifilis melalui jari saya disaat saya melakukan fingering kepada psk tersebut?
3. Perlukah saya khawatir dgn herpes type 2? Karena saya sering menerima full body to body massage.
4. Perlukah saya absen melakukan hubungan dgn pasangan tetap saya sebelum saya di test lengkap? Karena saya tidak mau menginfeksi pasangan saya jika memang saya terinfeksi pms.
Terima kasih banyak sebelumnya dok. Sukses buat angsamerah. Perlu lebih banyak lagi yayasan seperti ini.

Answer

Terimakasih untuk pertanyaannya dan harapan yang baik. Berikut jawaban untuk pertanyaan bapak.
1. Tes IMS bisa bermacam-macam, tetapi untuk situasi bapak yang dianjurkan adalah tes darah (serology) tes HIV, sifilis dan herpes.
2. Untuk test HIV bisa dilakukan di bulan Agustus atau September. Namun bila sebelumnya belum pernah tes HIV, sebaiknya di lakukan saja segera, dan baiknya tes HIV dilakukan juga oleh kekasih anda. Karena tidak semua pasangan relationship bisa terbuka dalam hal membicarakan riwayat seksualnya terdahulu, ataupun saat ini.
3. Sifilis tidak mudah menular melalui fingering.
4. Herpes tipe dua ditularkan melalui genital-genital, atau oral-genital, atau anus-genital.
Herpes 1 bisa ditularkan dengan mudah lewat body to body massage bila bersentuhan dengan lesi/gejala di tubuh yang saat itu muncul (gejalanya berupa bintil-bintil berair, ada sebagian bintil yangmengering, kulit sekitar memerah), bila gejala ini tidak ada maka bisa dikatakan kemungkinan penularan herpes tipe satu tidak memungkinkan berlangsung.
Saran saya sebaiknya ditunda dulu melakukan hubungan seks dengan pasangan anda setelah anda berkonsultasi dengan dokter. Saran saya, berkonsultasilah face to face dengan dokter sehingga kekuatiran bapak segera menghilang. Manfaat berkonsultasi langsung dengan dokter adalah bapak bisa berdiskusi/bertanya sebanyak mungkin, dan dokter bisa menjawab lebih baik dan jelas, karena dokter bisa menggali informasi lebih banyak lagi dari bapak yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan oleh bapak. Karena sangat memungkinkan situasi tidak selalu mengerikan seperti yang dibayangkan masyarakat umum. Salam kasih Angsamerah. Sekali lagi terimakasih banyak untuk kata-kata yang baik. Untuk informasi klinik Yayasan Angsamerah akhirnya sejak Juli tahun ini, kami sudah bisa memberikan tes HIV gratis (sudah termasuk konsultasi dan administrasi) untuk anak muda usia dibawah 25 tahun.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana dokter mendiagnosa keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.