Question #25194

views

893

Tindik Telinga

Halo, Dok. I have a question which might sound a bit paranoid. Saya tindik telinga di mall beberapa hari yang lalu, jarumnya steril sih (saya lihat sendiri mbak-nya mengeluarkan jarum dari case yang sealed). My main concern is saya tidak sempat melihat antingnya masih sealed atau tidak. Saya sudah baca-baca regarding this matter dan everyone says no one has ever caught HIV from piercings. I'm just wondering, jika saya tindik telinga dengan jarum steril, lalu ternyata the earrings are not, apakah berbahaya, Dok? Terima kasih.

Answer

Selamat pagi. Terima kasih atas pertanyaannya. Perlu saya jelaskan bahwa virus HIV adalah virus yang tidak bertahan lama hidup diluar penderita HIV.Dalam beberapa menit segera setelah keluar dari tubuh pasien virus akan mati.
Tentang jarum yang steril sudah benar. Masalah anting yang dipergunakan setelah ditindik menurut saya kalaupun tidak baru atau pernah dicoba oleh penderita HIV, pasti dari pasien coba hingga dipergunakan ditelinga penanya jangka waktunya lebih dari 5 menit yang artinya saat dipakai, virus sudah mati, artinya resiko tertular HIV kecil. Tetapi untuk memastikan ada baiknya test HIV.
Demikian penjelasan saya, semoga ini mengurangi kekhawatiran yang dirasakan.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.