Question #25549

views

2203

Traveling, berenang dan konsumsi alkohol

Siang dokter dan Angsamerah,
Saya adalah ODHA yang sudah terapi ARV hampir setahun (mulai ARV di bulan Agustus 2016 dengan CD4 181 dan VL 26copies) hasil VL kedua sudah undetected per bulan November 2016 dengan CD4 421 per bulan April 2017.
Pertanyaan saya:
1. Dulu saya rajin berenang, semenjak positive saya jadi lawsuit Hehe, Akhirnya saya banyak lari/jogging pagi dan sore seminggu 3x. Nah, apakah saya boleh berenang dok? Apa ada side effect nya atau ada aturanya?
2. Kalau kita traveling ke negara yang Punya perbedaan jam, bagaimana aturan jam konsumsi ARV yang sebaiknya di lakukan? Saya selama ini selalu konsumsi di jam 10 malam dengan fixed dose 1 tablet/hari.
3. Apakah saya boleh konsumsi alkohol dengan kadar yang tidak berlebihan? Misal hanya segelas wine dan hanya sekali dalam seminggu.
Maaf dok pertanyaanya banyak,  Mohon penjelasanya ya dokter. Terima kasih banyak dan salam sehat untuk semua, yang positif jangan putus ARV nya ya, Semangat!

Answer

Salam mas/mbak, secara umum anda banyak mengalami perkembangan. Agar terus terjaga dengan baik memang anda harus menjaga pola hidup sehat. Anda dapat melakukan olahraga renang, jogging, jalan cepat, atau apa saja yang anda senangi. Seperti pada umumnya olahraga tidak dilakukan dengan memaksa tubuh, secukupnya saja. Hal ini tentu anda sendiri yang dapat mengukur kekuatannya.
Bila anda melakukan perjalanan ke tempat lain yang memiliki perbedaan waktu maka patokan waktu yang dipakai adalah waktu anda di tempat asal anda. Misal anda tinggal di Jakarta minum ARV FDC jam 10 malam dan akan pergi ke Sidney yang memiliki perbedaan waktu 4 jam lebih cepat maka saat di Sidney anda minum ARV FDC anda di jam 2 dinihari.
Alkohol memang tidak berinteraksi langsung dengan ARV anda namun perlu dipertimbangkan efek alkohol yang mengganggu fungsi hati dan ada obat yang juga bekerja di hati. Sehingga untuk penggunaan alkohol sebaiknya dikurangi. Masih diizinkan untuk jumlah sedikit dan tidak terlalu sering.
Semoga kita semua sehat terus, semangat. 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.