Question #25647

views

873

Vagina gatal dan Keputihan.

Halo dok, malam.
saya mau tanya, sblmny sy sdh pernah berhubungan badan dgn 2 org berbeda.
kronologi:
1. org pertama (hanya 1x)
2. org kedua (berkali2) tp lbh sering menggunakan kondom.

sy pernah melakukan fingering dan suka berdarah (mungkin terkena kuku) dan itu jarang sih, cm kdg aja kalo lg kuku panjang.
trs skrg saya suka keputihan, warna nya spt ampas tahu & kuning tp bau nya biasa aja mksdnya ga bau busuk.. tp suka kental dan tekstur nya beda gt. kdg ms V juga suka gatel dan di bwh perut kadang suka nyeri, tp ga sampe pendarahan pas buang air kecil dan vagina sakit saat berhubungan seksual.

kira2 sy kondisi nya knp ya dok & treatment apa yg hrs sy jalani? & apakah stress bs memicu keputihan/kondisi yg sy alami? krn sblmnya saya stress kuliah sampai tdk tidur berhari2 dan jarang mandi jg jd mungkin jd ga higienis miss V nya atau gmn ya dok? makasih..

Answer

Salam mbak, keputihan bisa disebabkan oleh gangguan hormon, perubahan suasana vagina, stress, kelembaban, infeksi jamur atau parasit atau bakteri. Jadi sebaiknya anda memeriksakan penyebab keputihan tersebut di fasilitas kesehatan agar mendapat penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan pemeriksaan hapus cairan vagina. Obat dan penanganan selanjutnya tentu disesuaikan dengan temuan pada pemeriksaan.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.