Question #25078

views

470

Vaksin hpv pada pria

Yth dokter
Dok 3 bln lalu saya ke panti pijat.saya di panti pijat tsb tdk melakukn hub sex anal,oral,vaginal tp saya di jepit paha (tp msh pakai hot pant terapiany) dan handjob saja.sampe 4 bln ini saya tdk mengalami gejala apapun.saya ingin melakukn vaksin hpv.saya baca dr bbrp website inkubasi hpv sampe 20 bln.yg ingin saya tnykn:
1)sebaikny saya segera vaksin atau menunggu 20 bln baru vaksin?karena saya baca dr bbrp web site jika terlajur tertular vaksin percuma dan saya tdk tau tertular atau tidak
2)apakah vaksin hpv dpt berfungsi optimal pada pria perjaka diatas 26 th?karena saya pria usia 33th dan blm pernah melakukn oral,anal,vaginal paling banter cm hanjob dan jepit paha(dgn kondisi msh memakai hot pant)
Terima kasih

Answer

Terima kasih untuk pertanyaannya. Menanggapi pertanyaan yang diajukan dapat saya jelaskan sbb:

  1. Baiknya tidak menunggu sampai masa inkubasi untuk mendapat vaccin. Satu pertanyaan yang harus saya ajukan, kelihatannya penanya adalah pria. Apakah Anda tertarik dengan wanita saja atau juga dengan laki-laki. Bila tertarik dengan laki-laki, apakah sebagai bottom. Bila Ya, baiknya dilakukan anal smear dulu untuk meastikan tidak ada HPV. Kalau hasilnya tidak ada HPV, maka bisa mendapat vaccin. Perlu diketahui bila seseorang mendapat vaccin HPV dan ternyata sudah tertular dengan HPV, maka buklan berarti vaccin sia-sia. Untuk bagian yang sudah tertular memang tidak ada gunanya, tetapi untuk bagian yang masih sehat, maka bagian tersebut tidak akan tertular HPV.
  2. Vaccin HPV akan bekerja optimal pada sel yang masih sehat. Tidak berpengaruh dengan usia. Kalau memang tidak ada resiko tertular HPV, baiknya segera di vaccin HPV agar tubuh terproteksi dan tidak tertular virus tsb.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.